Beranda | Artikel
Biografi Singkat Imam Al-Lalikai
Jumat, 11 Juni 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Ali Musri Semjan Putra

Biografi Singkat Imam Al-Lalika’i merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Faidah-Faidah Sejarah Islam yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Jum’at, 5 Sya’ban 1442 H / 19 Maret 2021 M.

Download juga kajian sebelumnya: Biografi Imam Ibnu Abi Zamanin

Kajian Tentang Biografi Imam Al-Lalika’i

Beliau adalah Abul Qasim Hibatullah bin Al-Hasan bin Mashur Ar-Razi Ath-​Thabari Al-Lalika’i. Al-Lalika’i ini berasal dari pekerjaan beliau sebagai seorang penjual gelang kaki wanita. Ini salah satu ibrah untuk kita, bahwa tidak sedikit para ulama yang menisbahkan kepada profesi mereka.

Para ulama kita terbiasa hidup mencari rezeki dengan jerih payah sendiri. Ini suatu cambuk bagi para Dai, hendaknya harus memiliki jalan rezeki dengan usaha yang jelas.

Banyak para ulama di samping mereka menyumbangkan ilmu dengan berdakwah tapi mereka juga memiliki usaha-usaha. Satu kehebatan mereka adalah karena mereka mendapat berkah dari Allah. Kita hari ini sangat sulit untuk menggabungkan antara berdagang, belajar dan berdakwah. Maka sebagian besar dari pada pengemban ilmu mengambil biaya hidup mereka dari sumbangan atau gaji-gaji dari lembaga-lembaga tempat mereka mengajar.

Para ulama memberikan penjelasan bahwa ketika para ulama dan pengajar Al-Qur’an dan seterusnya tidak memiliki usaha, kemudian mereka menghabiskan waktu dan meninggalkan keluarga untuk mengajarkan Al-Qur’an, maka sebagian ulama membolehkan untuk mengambil upah dari pendidikan yang dia berikan.

Para ulama menjelaskan, jika dia tidak mendapatkan gaji yang khusus dari pemerintah atas sumbangan waktu dan kesibukan yang dia tinggalkan untuk menyampaikan ilmu ini, maka tidak mengapa kaum muslimin patungan ataupun ada orang yang membayar agar mereka bisa fokus mendidik dan memberikan ilmunya.

Apa faedah-faedah menarik dari biografi Imam Al-Lalika’i yang berasal dari Thabaristan ini? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Untuk mp3 kajian  yang lain silahkan kunjungi mp3.radiorodja.com


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/50245-biografi-singkat-imam-al-lalikai/